Hadapilah UN Dengan Senyuman!

“Menghitung hari…!”, begitu Krisdayanti bernyanyi.
Netters dan bloggers yang masih duduk di bangku SMA dan SMK pun saat ini sedang bernyanyi dengan tema yang sama: Menghitung Hari! Kalau hari ini adalah tanggal 10 April 2011, maka hanya tersisa 8 hari para netters dan bloggers untuk melaksanakan perhelatan tahunan yang tidak mungkin dihindari lagi: Ujian Nasional!. Karena UN adalah program pemerintah – dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan BSNP – yang harus dilaksanakan.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional, Bab I, Pasal 1, Ayat 3, Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Sekedar informasi, netters dan blogger tingkat SMA Program IPA akan mengikuti UN untuk 6 mata pelajaran seperti: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. UN SMA program IPS meliputi: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Sedangkan netters dan bloggers yang duduk di bangku SMK akan mengikuti UN untuk 3 mata pelajaran, yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.
Sudah siapkah para netters dan bloggers menghadapi UN?
Sebetulnya pertanyaan itu terlambat bila diajukan saat ini. So pasti, para netters dan bloggers sudah siap untuk menghadapi UN, karena sosialisasi tentang UN sendiri sudah dimulai jauh-jauh hari.
Deg-degan tentu saja. Siapa sih yang tidak deg-degan menghadapi UN, karena UN adalah salah satu barometer untuk menentukan apakah para netters dan bloggers berhak lulus dan melewati masa-masa abu-abu.
Netters dan bloggers, jangan takut dan khawatir! Karena, hanya netters dan bloggers yang tidak mempersiapkan diri yang tidak berhak lulus. Lalu, apa yang harus dipersiapkan?
Informasi berikut mungkin akan berguna untuk para netters dan bloggers yang akan menghadapi Ujian. Hal-hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi ujian adalah:
1. Berdoa
2. Belajar
3. Jaga kesehatan
4. Senyum
Hanya empat! Ya, hanya .
Ingat! Kelulusan ada di depan mata bila para netters dan bloggers menjalankan ketiganya. Lulus itu indah dan menyenangkan, ibarat kita makan makanan kesukaan kita. Jadi hadapilah UN dengan senyuman. Semoga para netters dan bloggers lulus semua. Amiin.

0 komentar: