MENYENANGKANNYA BELAJAR DI SMK PRUDENT SCHOOL
(Internalisasi Motto: “Bekerja, mengalami, belajar tanpa henti...”)
Oleh: Irfan Rifa’i, SH*

“Siapapun yang berhenti belajar akan menjadi tua, entah ia masih usia 20 tahun atau sudah 80 tahun. Siapapun yang terus belajar akan tetap muda karena hal yang paling besar di dunia ini adalah bagaimana mempertahankan pikiran agar tetap muda” (Henry ford)
Kalimat diatas menyadarkan kita semua, bahwa usia manusia bukanlah penghalang utama untuk manusia menjadi muda, menjadi bergairah, menjadi hidup. Kunci jawabannya hanya satu: jadilah manusia ‘pembelajar’, niscaya anda akan senantiasa menjadi muda. Tentu kata “muda” dalam hal ini bukan bermakna fisik, tapi bermakna eksistensi dalam hidup ini.
Terkait dengan hal diatas, ada satu hal yang menarik yang terdapat di SMK Prudent School, yaitu mottonya yang berbunyi; “bekerja, mengalami, belajar tanpa henti”. Hal yang menarik perhatian penulis adalah bahwa motto tersebut mengajak kita untuk terus belajar dan belajar, menjadi manusia pembelajar di setiap saat, di setiap waktu dan di setiap tempat serta mengajak kita untuk memulai segala sesuatu dari akhir. Sungguh sangat menarik motto tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana ungkapan yang sangat menggugah dari seorang Thomas Henry Huxley dengan mengatakan bahwa; “Akhir terbesar dari kehidupan bukanlah pengetahuan, tetapi tindakan.” Yap! Tindakan yang membuahkan hasil, tindakan yang mengeksekusi sebuah ide dan itulah yang ingin dilakukan oleh SMK Prudent School. Namun dalam hal ini penulis tidak terlalu dalam membahas hal tersebut, hanya ingin mengorek secuil konsep pembelajaran yang dilakukan di SMK Prudent School jika menilik dari mottonya.
“Bapak Presiden Indonesia yang saya hormati, negara kami merasa terhormat atas kedatangan bapak ke Australia, semoga kedatangan bapak dapat membawa manfaat yang besar untuk negara kami dan rakyat kami secara keseluruhan”, ucap Perdana Menteri Australia yang langsung dibalas oleh Presiden Indonesia, “sama-sama, kamipun mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Perdana Menteri Australia dan seluruh pejabat yang hadir, semoga pertemuan ini dapat menghasilkan kerjasama bilateral yang saling menguntungkan kedua negara”. Demikianlah salah satu percakapan yang dilakukan oleh kedua kepala negara ketika Presiden Indonesia berkunjung ke Australia.
Percakapan di atas hanyalah simulasi dari proses pembelajaran materi ‘perjanjian internasional’ untuk mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Menarik untuk kita tilik lebih dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraantersebut diatas, proses pembelajarannya sangat mengasyikkan, menyenangkan, membuat prudent (sebutan siswa di sekolah ini) serasa keliling negara.
Pertama, prudent dikelompokkan menjadi 6 negara (mewakili 5 benua dan Indonesia sebagai negara kita sendiri), terdiri dari Amerika, Australia, Afrika Selatan, Inggris, Palestina, dan Indonesia. Masing-masing negara memiliki struktur kenegaraan yang berbeda-beda dan masing-masing prudent mengisi struktur negara tersebut dengan menjadi pejabat-pejabat utama negara itu, misalnya menjadi presiden, perdana menteri, raja/ratu, menteri, juru bicara dan lain sebagainya.
Kedua, prudent membuat profil negara masing-masing dengan menitikberatkan pada kelebihan dan keunggulan negara masing-masing. Tujuan utamanya adalah untuk menunjukkan kepada negara lainnya tentang hal-hal yang dapat dijadikan tujuan kerjasama. Pada proses kedua ini prudent mempresentasikannya di depan kelas dengan kecanggihan teknologi informasi, ada yang presentasi dengan power point, flash, mind mapp, maupun film. Semuanya mendapatkan penilaian tersendiri dari guru yang mengampu mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Ketiga, sesi yang menurut penulis adalah sesi yang paling menyenangkan, yaitu simulasi perjanjian internasional antar negara-negara yang ada. Di sesi inilah semua negara yang ada dituntut untuk menghasilkan 5 perjanjian bilateral, artinya semua negara pasti bertemu untuk sebuah kerjasama bilateral. Di sesi ini pula setiap prudent yang menjabat harus mengunjungi negara lain untuk menjalin kerjasama. Beberapa tahapan dalam perjanjian internasional adalah sebagai berikut:
1.      Perundingan (Negotiation)
Tahapan pertama dalam perjanjian internasional adalah penjajakan materi perjanjian. Perwakilan masing-masing negara bertemu dan membicarakan agenda utama perjanjian, mulai dari masalah ekonomi, sosial, budaya, politik, pertahanan keamanan, dan lain-lain.
“palestina harus merdeka!” ucap salah satu pejabat palestina
“kami juga mendukung kemerdekaan negara anda, jadi apa yang bisa kami bantu...?” jawab presiden Indonesia saat pertemuan kedua negara di Jalur Gaza Palestina.
Demikianlah secuil perundingan antara Palestina dan Indonesia, perundingan tersebut akhirnya menghasilkan kesepakatan pembangunan rumah sakit Indonesia di Jalur Gaza Palestina.
2.      Penandatanganan (Signature)
Pada tahap kedua ini fokus perjanjian adalah penandatanganan naskah perjanjian, tahap ini adalah follow up dari kesepakatan hasil perundingan di atas.
3.      Pengesahan (Ratification)
Tahap pengesahan adalah persetujuan terhadap rencana perjanjian internasional agar menjadi suatu perjanjian yang berlakubagi masing-masing negara tersebut. Tahap pengesahan menjadi keharusan bagi masing-masing negara agar perjanjian internasional yang sudah disepakati mempunyai kekuatan hukum di masing-masing negara.
Ketiga tahap perjanjian internasional diatas menjadi proses yang sangat menyenangkan bagi semua prudent, mereka bermain peran, setiap prudent menjadi pejabat negara di negaranya masing-masing. Mereka berkunjung ke negara lain, berunding, berdebat,melakukan loby-loby dan menjalin kerjasama bilateral, melakukan penandatanganan dan akhirnya pengesahan, sungguh pengalaman yang luar biasa, sangat menyenangkan. Itulah respon para prudent ketika penulis bertanya tentang salah satu proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tersebut. Pembelajaran ditutup dengan mengambil insight dan hikmah dari simulasi tersebut.
Demikianlah sekelumit proses pembelajaran di SMK Prudent School dan seperti itulah kami para guru mencoba mengamalkan dan menerjemahkan motto “Bekerja, Mengalami, Belajar Tanpa Henti”.


*Guru PKn dan Wakasek Humas SMK Prudent School

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni Bertanya Efektif di Kelas

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI