Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2012

Seni Bertanya Efektif di Kelas

Albert Einstein pernah berujar, “Hal terpenting adalah tidak pernah berhenti berpikir”. Sontak saya jadi teringat satu kata, yaitu mengajar. Apa hubungan pernyataan Einstein dan mengajar? Anatole France (1859) seolah hendak menjawab pertanyaan saya, “The whole art of teaching is only the art of awakening the natural curiosity of young minds for the purpose of satisfying it afterwards”. Mengajar itu seni untuk merangsang keingintahuan murid. Rasa ingin tahu itulah sesungguhnya yang akan membuat murid selalu ditantang untuk berpikir. Semua harus penuh tanda tanya, karena dengan itulah kita akan selalu berpikir. Mengapa kita harus berpikir? Ehm, pasti saat ini Anda sedang berpikir. Jika tidak, maka Anda kurang punya rasa ingin tahu untuk mencari jawaban atas pertanyaan itu. Tegasnya, Anda enggan berpikir. Mengajar yang baik berarti membuat pertanyaan yang baik pula. Peranan ‘pertanyaan’ merupakan bagian penting dalam menyusun sebuah pengalaman belajar bagi murid. Socrates meyakini
MENYENANGKANNYA BELAJAR DI SMK PRUDENT SCHOOL (Internalisasi Motto: “Bekerja, mengalami, belajar tanpa henti...” ) Oleh: Irfan Rifa’i, SH* “Siapapun yang berhenti belajar akan menjadi tua, entah ia masih usia 20 tahun atau sudah 80 tahun. Siapapun yang terus belajar akan tetap muda karena hal yang paling besar di dunia ini adalah bagaimana mempertahankan pikiran agar tetap muda” (Henry ford) Kalimat diatas menyadarkan kita semua, bahwa usia manusia bukanlah penghalang utama untuk manusia menjadi muda, menjadi bergairah, menjadi hidup. Kunci jawabannya hanya satu: jadilah manusia ‘pembelajar’, niscaya anda akan senantiasa menjadi muda. Tentu kata “muda” dalam hal ini bukan bermakna fisik, tapi bermakna eksistensi dalam hidup ini. Terkait dengan hal diatas, ada satu hal yang menarik yang terdapat di SMK Prudent School, yaitu mottonya yang berbunyi; “bekerja, mengalami, belajar tanpa henti”. Hal yang menarik perhatian penulis adalah bahwa motto tersebut mengajak kita unt